Header Ads

ABS Menerima Kunjungan Mahasiswa UI di Dapil Jabar I (Kota Bandung dan Kota Cimahi)


Pada Hari Sabtu tanggal 11 September 2021 kami menerima rombongan dari mahasiswa/mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Sarjana Ilmu Politik Semester VII  Universitas Indonesia dalam kegiatan studi Kelas Magang, yakni: 

1. Jepri Buleh

2. Divio Adi Windanda

3. Mega Utami Putri Ganu

4. Ramadani Nur Hakim

5. Eca Lacantika

6. Gabriel Igane Gusti Agung

7. Hana Aqirah Elfira

8. Fadilla Embun Firdausy


Kegiatan ini adalah salah satu dukungan dalam program Kampus Merdeka yang merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempaatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Kelas Magang yang mereka lakukan disambut baik oleh seluruh mahasiswa. Disamping Persaingan kerja sudah semakin ketat, butuh banyak amunisi untuk bisa melancarkan jalan karir. Magang di anggota DPR RI adalah salah satu amunisi yang memberi mereka bekal pengalaman yang sangat berharga apabila nantinya benar-benar jika salah satu dari mereka akan terjun sebagai anggota legislatif.

Pihak perguruan tinggi sangat sadar akan hal ini. Mahasiswa butuh asupan pengalaman untuk bisa menjadi SDM unggul yang siap kerja. Maka dari itu tidak sedikit perguruan tinggi yang mewajibkan setiap mahasiswanya untuk magang seperti yang dilaksanakan oleh anak-anak mahasiswa/i FISIP UI ini.

Disela-sela kelas Magang inilah mahasiswa/i UI mengadakan kunjungan langsung ke lapangan terkait kerja-kerja Anggota DPR RI di Daerah Pemilihannya. 

1. Diterima di Rumah Aspirasi Kami, H. Agung Budi Santoso, SH, MM (ABS)  

Pak ABS menyambut Para Mahasiswa/i yang baru tiba di Rumah Aspirasi ABS Kota Cimahi





Yang ikut mendampingi Pak ABS juga hadir wakil dari Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Cimahi yakni :

1.  Edi Kanedi (Ketua Fraksi Partai Demokrat Kota Cimahi)
2.  Aida Cakrawati Konda (Sekretaris DPC Kota Cimahi)
3.  Sri Indrijani
4.  Yulianawati
5.  Rini Martini (Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi)
 
Dalam Dialog pemaparan kegiatan Daerah Pemilihan Jawa Barat I Kota Bandung dan Kota Cimahi oleh Pak Agung Budi Santoso sekaligus juga Ketua DPC Partai Demokrat Kota Cimahi. 



Dalam penjelasannya Pak ABS memaparkan kegiatan Anggota Dewan, baik Di DPR RI maupun di DPRD tidak hanya kerja- kerja kantoran, tapi juga kerja-kerja di lapangan,seperti menjawab aspirasi konstituen di daerah, diantaranya pembagian sembako, bantuan kepada keluarga yang meninggal, melaksanakan vaksin gratis, pembagian hand sanitiser, penyemprotan desinfektan, pembagian air bersih gratis,  Penyebaran wifi gratis, dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, Karena ini merupakan amanah dari Bapak Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) agar Harapan Rakyat Perjuangan Partai Demokrat. 

Sebelah kiri Ibu Aida Cakrawati Konda (Sekretaris DPC Kota Cimahi) dan Ibu Yulianawati (kanan)
 

Dalam Diskusi dengan Anggota Dewan terangkat masalah isu perempuan, tentunya Ibu Aida C. Konda (Bu Aida)yang juga Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Cimahi, mengatakan pentingnya peran perempuan dalam meningkatkan eksistensi dan kapabilitas kaum perempuan, seperti yang Bu Aida laksanakan selama ini. Konteksnya adalah Pendidikan Politik untuk Perempuan. Koalisi Perempuan di Parlemen merupakan organisasi yang sangat strategis dalam meningkatkan pengetahuan dan kapasitas bagi perempuan dalam memberikan kenyamanan keluarga dan anak-anaknya menjadi sehat dan sejahtera.




Pak Agung juga menjelaskan Perlu Pendidikan Politik bagi masyarakat, bahwa yang namanya aspirasi masyarakat itu bukan berupa proposal peringatan hari-hari besar agama atau perlombaan-perlombaan. Tap
i Pendidikan Politik merupakan  pendidikan yang membuat seseorang memiliki pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai persoalan politik termasuk pengakuan dan penghargaan terhadap keragaman nilai sosial politik yang dianut seseorang dan kelompok (komunitas).

Partai politik akan mampu menjalankan perannya dengan efektif apabila ada tanggung jawab bersama antara partai politik itu sendiri dengan masyarakat luas. Untuk itu maka partai politik seharusnya mampu menjalankan pendidikan politik kepada masyarakat, demikian ABS memaparkan. 

Kegiatan bersama para mahasiswa ini bertujuan agar persepsi-persepsi negatif kepada DPR RI yang katanya "tidak pernah kerja/ kerja nya hanya tidur saja" itu tidak semua benar, bahwa ada banyak para anggota DPR RI yang bekerja keras perjuangkan aspirasi-aspirasi di daerah pemilihannya.



2. Dialog AHY-ABS dengan Para Pengurus dan Anggota Ojeg Ardan, Nagrog Ujung Berung, Kota Bandung 

Pertemuan tatap muka yang dijembatani anggota DPR RI Agung Budi Santoso tersebut banyak memberi masukan positif. Keluhan pengendara jasa roda dua juga  didengar langsung anak sulung Presiden ke-6 Republik Indonsia Susilo Bambang Yudhoyono, Mas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Ketua Umum Partai Demokrat. 

 


Mengetahui ada kesempatan, sesepuh ojeg Ardan, Saripudin mengeluhkan beberapa hal seperti, kondisi penumpang yang semakin berkurang sehingga berdampak pada perekonomian keluarga.

 


Dirinya beserta rekannya yang lain berharap, Partai Demokrat bisa memberikan solusi sehingga perekonomiannya bisa kembali normal.

  


Setelah mendengar curhatannya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak ingin melihat mereka larut dalam kesulitan, karena mereka harus kuat dan menjadi pribadi yang sabar menghadapi segala kesusahan di masa pandemi. Sebenarnya situasi jni bergantung pada kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia yang mengelola bangsa ini.

 


"Makanya Politik itu terlalu penting jika diserahkan kepada orang yang tidak memiliki kapabilitas dan kapasitas. Untuk itu, generasi muda harus mempunyai keinginan untuk terus berpartisipasi dalam kehidupan politik," papar AHY, melalui videonya.

 


Daripada itu, sebagai generasi penerus yang mempunyai kapasitas dan niatan baik meneruskan tongkat estafet kepemimpinan, harus makin mendekat bukan malah menjauh dari partai politik.

 

 


 

"Tapi Kalau orang yang baik-baik, pintar-pintar dan hebat-hebat malah menjauh dari politik, maka jangan salahkan jika negara ini nantinya diisi oleh orang-orang tidak mempunyai kepasitas dan integritas, apalagi orang jahat." cetus AHY.

Secara simbolis Pak ABS menyerahkan sembako kepada tukang ojek ARDAN Kota Bandung


3. Kunjungan ke Penerima Manfaat BSPS Kelurahan Pasir Biru Kota Bandung




Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya merupakan program yang dilaksanakan oleh Pak ABS sejak 2011 sampai dengan sekarang, sudah ada 5000 BSPS di terima sehingga rumah yang tadinya kumuh menjadi layak huni baik di Kota Bandung dan Kota Cimahi.



Kata Pak ABS, BSPS merupakan Program Kementerian PUPR untuk masyarakat berpenghasilan rendah, yang dibantu secara teknis mulai RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Tim Fasilitator Lapangan dan semua pihak. 






Adapun kriteria penerima BSPS, yakni harus WNI yang sudah berkeluarga, memiliki tanah dengan bukti kepemilikan yang sah, hanya memiliki dan menempati satu rumah tidak layak huni, belum pernah menerima BSPS atau program bantuan perumahan selama 10 tahun terakhir, penghasilan kurang dari UMP/UMK, dan bersedia berswadaya membentuk kelompok penerima bantuan (KPB) dengan pernyataan tanggung renteng.






Nantinya penerima BSPS akan memperoleh bantuan dana Rp 20 juta dengan rincian Rp 17,5 juta untuk bahan bangunan dan Rp 2,5 juta untuk tukang. Selain itu, kata Arsyad, pemerintah juga memberikan edukasi tentang pentingnya rumah layak dan sehat untuk hunian keluarga demikian penjelasan dari ABS.





Pembangunan rumah dilakukan secara padat karya, sehingga tercipta multiplier effect ekonomi. Ada masyarakat yang dipekerjakan sebagai tukang, pembantu tukang, hingga fasilitator dalam pembangunan rumah warga yang mendapatkan BSPS tersebut.


4. Acara Ramah Tamah dengan Pak ABS


Pak ABS sangat akrab dengan generasi muda terutama dengan mahasiswa. Karena ABS menganggap mereka seperti menghadapi anak kandungnya sendiri. Tukar pengalaman dan memberikan kisah-kisah inspiratif selalu disisip Pak ABS kepada mahasiswa/i FISIP UI agar menjadi generasi yang menggantikan kepemimpinan ke depan sesuai dengan tugas dan tempat masing-masing. 








d

Kesan dan Pesan Mahasiswa/Mahasiswi :


Mega Utami Putri Ganu

Mega: "Selamat Pagi, Pak. Aku pribadi kagum banget sama kegiatan-kegiatan dan topik obrolan yang berlangsung kemarin. Lega rasanya mengetahui masih banyak anggota dewan yang menjalani tanggung jawab moral seperti Pak Agung, serta beberapa anggota lainnya seperti Srikandi Demokrat yang memahami keterwakilan perempuan itu sendiri. Kemarin aku juga akhirnya bisa lihat langsung seperti apa hubungan anggota DPR dan konstituen yang interaktif dan supportif. Sebeluknya terima kasih banyak untuk Pak Agung dan team yang telah menyambut dan menerima kedatangan kami. Semoga sehat sehat terus dan bisa bertemu di lain kesempatan ✨🙌🏻"


              

Jepri Buleh

Jepri: "Waalaikumsalam pak, Untuk kesan saya selama mengikuti kunjungan kerja bersama Pak Agung di Kota Cimahi dan Kota Bandung sangat menyenangkan karena dapat bertemu langsung dengan masyarakat yang sangat baik dan ramah kepada kami. Apalagi momen disaat duduk bersama Pak Agung menceritakan pengalaman politiknya yang banyak memberikan pelajaran hidup yang berharga. Terus juga Pak Agung dan jajarannya juga sangat baik terhadap kita para mahasiswa. Untuk pesan semoga Pak Agung tetap konsisten menjalankan apa yang telah dilakukan agar menjadi contoh untuk para anggota legislatif lain.

Terima kasih banyak atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami🙏Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan"


Gusti

Gusti : "Terima Kasih Pak Edward dan Pak Darma sudah mau meluangkan waktunya menemani kami belajar, terima kasih kesempatan berharganya yang jarang kami dapatkan ini. Semoga semua orang yang kita temui tadi sehat selalu. Pak Edward dan Pak Darma juga semoga sehat selalu🙏 Senang bisa belajar banyak dan berbincang langsung dengan Pak Agung dkk hari ini👍"

 

Hana

Hana: "Terima kasih sebesar2nya, Pak Edward dan Pak Darma yang sudah menemani kami dari awal hingga pulang ke rumah masing-masing. terima kasih juga atas sambutan hangatnya dari Pak Agung beserta jajaran DPC Kota Cimahi dan Kota Bandung, sangat berkesan.. terima kasih ya Pak🙏🏻  alhamdulillah kami semua senang sudah banyak belajar dan selamat sampai di rumah.."

 

Ramadani Nur Hakim yang megang mic


Dani: "Wah hari ini berkesan banget pak, aku jadi tau kegiatan para wakil rakyat yang selama ini gak pernah diekspose sama media. Aku juga jadi tau kalo Pak Agung itu sederhana banget kehidupannya dari awal masuk Partai Demokrat hingga sekarang udah 3 periode. Beliau tidak pantang makan di warteg sama warga dengan prinsipnya "kalau susah di bawa ke atas, berarti kita yang harus ke bawah", sayang sekali kalau media sampai gatau sisi Pak Agung ini. Pak Agung juga welcome banget sama kita para mahasiswa. Terima kasih banyak aku sampaikan untuk Pak Agung dan tim, kalau ada kesempatan lain boleh kita bertemu dan belajar politik praktis bersama Pak Agung lagi ya. Aku pamit pulang ke Jakarta ya pak, Assalamualaikum 😊🙏"

 

Fadilla Embun Firdausy

Usy: "Hari ini jadi pengalaman banget Pak, jadi tau secara praktek nya bagaimana. Seneng juga bisa ketemu sama masyarakat dan kenal sama Pak Agung yang ternyata down to earth banget, humble banget juga. Banyak belajar bagaimana pemimpin itu seharusnya bekerja dan berpikir.  Terima kasih banyak atas kesempatannya Pak🙏🏽"

 


Divio Adi Windanda

Divio : "Waalaikumsalam pak, Kalau dari saya bener2 seru dan menyenangkan banget karena dapet pengalaman politik di luar kelas. Terlebih waktu sesi bincang santai tentang pengalaman perjalanan politik Pak Agung dari nol. Terus kita juga dikasih kesempatan buat partisipasi langsung di setiap acara, spt di rumah aspirasi dan zoom dengan pak AHY.  Terima kasih banyak atas pengalaman dan kebaikannya hari inii 🙏🏻semoga Pak Agung dan jajaran sehat selalu"

 

Eca Lacantika

Eca: "Kesan saya mengikuti kunjungan bersama Pak Agung Budi Santoso ke daerah pilihan Kota Bandung dan Cimahi seru dan insightful banget! Rasanya pulang-pulang dari kunjungan saya dapat idola baru di DPR. He-he-he. Saya kagum dengan sosok Pak Agung yang berwibawa namun di saat yang bersamaan juga rendah hati dan tidak pilih-pilih. Saya melihat bagaimana Pak Agung, dengan passionate, berdialog dengan mahasiswa dan konstituennya di daerah pemilihan. Sehingga, dapat disimpulkan bawah kunjungan ke daerah pemilihan Pak Agung menjadi pengalaman yang paling menyenangkan selama tahun 2021 ini. Terima kasih, Pak Agung! Sukses dan sehat selalu! Amin."


(R. ABS 931 dan Rumah Aspirasi ABS)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.