Header Ads

ABS : BURT Cek Kesiapan Bandara Halim Dalam Masa 'New Normal'


Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI mengecek langsung kesiapan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dalam menyambut masa new normal, setelah sekian lama terdampak pandemi Covid-19. Kunjungan yang dipimpin Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso ini sekaligus melihat dari dekat protokoler layanan kepada Anggota DPR RI.

Delegasi BURT DPR ingin melihat otoritas bandara menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, terutama bagi para Anggota Dewan yang ingin mengakses transportasi udara. "Hari ini BURT melakukan kunjungan kerja ke Bandara Halim. Mengapa kita melakukan ini? Kita ingin mengecek kesiapan bandara dan protokol DPR RI di dalam memberikan pelayanan kepada para anggota sekarang,” kata Agung, usai memimpin kunjungan di Bandara Halim, Jakarta Timur, Senin (13/7/2020).

Pada Juli ini, Anggota Dewan sudah banyak yang mengakses bandara untuk kunjungan kerja dan bepergian ke luar kota. Bandara harus dipastikan aman dan sudah menjalankan protokol Covid-19. BURT juga ingin mengetahui sejauhmana otoritas bandara, dalam hal ini Angkasa Pura II dalam menjalankan prosedur kesehatan bila ada calon penumpang yang diduga terpapar virus Covid-19.

“Kita tidak main-main dengan (virus) ini. Kita betul-betul melakukan protokol ini dengan baik dan ketat. Kalau tidak bisa berangkat, ya mohon maaf tidak boleh terbang, walaupun sudah membawa surat keterangan sehat. Tetapi ketika dicek di (bandara) sini suhunya tinggi, indikasinya kena Covid-19. Jadi, sortir dulu, dibawa ke rumah sakit terdekat di wilayah Halim untuk memberikan pernyataan,” kata politisi Fraksi Partai Demokrat itu.

Lalu, bagaimana dengan tiket yang sudah dibeli penumpang bagi yang terindikasi Covid-19, lanjut Agung, maka tiketnya akan diberikan kepada calon penumpang berikutnya atau diganti uangnya berupa voucher. “Jadi kami berharap penumpang juga tidak ada yang dirugikan karena kita tidak ingin ada yang sakit. Kalau pas kita mau pergi ada gangguan kesehatan, mau tidak mau kita harus mengikuti protokol Covid-19 untuk menjaga semuanya,” papar Agung.

Anggota Komisi II DPR RI itu menegaskan, ketika berada di bandara, semua calon penumpang harus mengikuti protokol kesehatan. Tak terkecuali bagi para Anggota Dewan. “Sekali lagi saya katakan, sebagai wakil rakyat seharusnya mengikuti aturan protokol Covid-19 dan jangan sampai tidak mau diperiksa, Itu wajib untuk dilakukan pemeriksaan,” pesan Agung.

Sumber : Parlementaria DPR RI

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.