Header Ads

Tangkal Radikalisme, Politisi Demokrat Ini Ajak Masyarakat Pertebal Nasionalisme




RMOLJabar. Anggota Komisi V DPR RI Agung Budi Santoso mengingatkan kepada masyarakat agar selalu menjaga kebhinekaan dalam ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Jawa Barat. 


Menurut Agung, masayarakat juga harus lebih diberi pengetahuan agar paham berpolitik dan cerdas memilih.

"Saya ingin mengajak masyarakat menjadi lebih sadar bahwa dinamika pilkada ini jangan sampai meregangkan hub yang sudah baik," kata Agung disela kegiatan Sosialisasi 4 Pilar yakni Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Hotel Bumi Kitri Jalan Cikutra, Kota Bandung, Jumat(25/6).

Dikatakannya, saat ini telah terjadi perubahan Undang-Undang dimana masyarakat dapat memilih secara langsung dan calon pemimpin daerah tidak lagi dipilih oleh DPR atau DPRD Kota Kabupaten. Masyarakat, kata Agung, harus cermat dan tahu betul siapa calon-calon wakil rakyat atau pemimpin daerah yang dipilihnya.

"Nah terkait dengan Pilwalkot Bandung, hari ini juga saya mengundang peserta konvensi yang mendaftar ke Partai Demokrat, agar masyarakat dapat mengenal secara langsung siapa bakal calon yang akan maju menjadi Wali Kota Bandung, berdialog interaktif dengan masyarakat serta menyampaikan visi dan misi," ujar Anggota Fraksi Demokrat DPR RI untuk daerah pemilihan Bandung-Cimahi ini.

Agung berharap, siapapun nanti yang memenangkan konvensi Partai Demokrat, adalah yang terbaik. Menurut Agung, yang terbaik inilah yang akan diusung Partai Demokrat dan mampu memimpin Kota Bandung serta melayani sebaik-baiknya.

"Ini baru perkenalan awal saja, agar masyarakat lebih tahu siapa yang akan dipilihnya" ujarnya.

Dalam kegiatan sosialisasi bertema memperkokoh NKRI dan Pancasila dalam kemajemukan ini Agung lebih menekankan bagaimana memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa dan kesadaran bernegara untuk memperkokoh rasa nasionalisme. Menurutnya, rasa nasionalsme ini tentunya dapat menangkal isu radikalisme yang kini tengah marak di tanah air.

"Masyarakat harus dapat menangkal radikalisme dengan mempertebal rasa nasionalisme," tandas Agung dihadapan sekira 150 warga peserta sosialisasi.

Sementara itu, Ketua Rumah Aspirasi Agung Budi Santoso, Iwan Setiawan mengatakan, dengan sosialisasi 4 pilar mutlak dibutuhkan kalangan masyarakat bawah, guna memberikan pengetahuan pentingnya berwawasan kewarganeraan.

"Perbedaan dalam bingkai kebihnekaan berlandaskan Pancasila," tuturnya.

Acara itu dihadiri para ketua badan keswadayaan masyarakat, lembaga pemerdayaan masyarakat, dan beberapa tokoh masyarakat serta muspida, dan bakal calon walikotanya Bandung konvensi Partai Demokrat, Chairul Yaqin Hidayat. [nif]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.