Header Ads

ABS : Peran BWA Sangat Penting Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat


Pada hari Selasa (4/8), Pak Agung Budi Santoso (ABS) Ketua BURT DPR RI, menerima tamu dari Pengurus Pusat Badan Wakaf Al Quran (WBA). Menurut WBA Wakaf quran  adalah cara modern yang mudah dan praktis untuk membantu orang lain. Salah satu ciri seorang muslim adalah senang membantu orang lain. Dia tidak akan berdiam diri melihat kesulitan yang dialami oleh saudaranya sekalipun ia tidak mengenalnya. Islam mendorong seorang muslim memperhatikan urusan saudaranya sebagaimana hadits Rasul SAW : “Tidak beriman seorang muslim itu sehingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri" (Hadis Riwayat Bukhari).

Program-program di WBA disusun untuk bisa direalisasikan. Jika ada kaum muslim yang tertarik dengan project tersebut, ia dapat membantunya dengan memilih project tersebut dan mengirimkan dananya. Badan Wakaf Al Qur’an juga melakukan fundraising secara offline dan didonasikan kepada project tersebut atas nama “wakif network”. Dengan cara ini semua, maka kita secara bersama-sama telah membantu merealisasikan project-project tersebut, demikian Hermawan (marketing WBA) menjelaskan.

Pada kesempatan ini ABS menyampaikan pandangannya, dimana prinsip dalam kehidupan adalah Kembali kepada ibadah untuk syiar Islam. Pada umumnya di Indonesia Pendidikan dilakukan oleh ormas Muhammadiyah dan NU. Sekolah Islam merupakan bentuk dari modernisasi pendidikan Islam.

Perkembangan Sekolah Islam saat ini mendapat Animo dari masyarakat yang cukup besar. Hal ini terjadi sebagai imbas dari kekurangan yang ada pada Madrasah atau Sekolah. Banyak masyarakat menilai bahwa pendidikan di madrasah kurang profesioanl dalam biadang materi umum sehingga tertinggal dengan sekolah, sementara sekolah umum kurang dalam memberikan layanan pendidikan Agama. Sekolah Islam muncul sebagai alterntif bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pendidikan Agama yang baik dan pendidikan umum yang professional, sekarang sudah banyak Pendidikan Islam. Hal inilah menjadikan ABS bangga dengan perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia.

Lembaga-lembaga NGO seperti BWA ini pada dasarnya sangat dibutuhkan kepercayaan dari masyarakat. Kepercayaan itu merupakan suatu modal yang sangat penting agar tetap langgeng terhadap hubungan sosial kemasyarakatan. Seperti yang dilakukan Anggota DPR adalah kegiatan yang bisa dikatakan wakaf dan sedekah, dimana, Anggota DPR  harus mampu memberikan kontribusi yang positif untuk daerah pemilihannya, ABS menjelaskan.

Kepercayaan juga perlu dipupuk di dalam diri masyarakat, menurut ABS, memang ada beberapa  oknum masyarakat khususnya dalam pengelolaan dana masyarakat ketika diberi amanah tidak bertanggung jawab sehingga menurunkan tingkat kepercayaan ABS terhadap mereka. Untuk itu menurut ABS dengan adanya BWA ini diharapkan mampu membantu membina  masyarakat dalam menciptakan kepercayaan publik agar tercipta mental jasmani dan rohani dalam pengelolaan dana masyarakat.

Dalam kinerja sebagai Anggota DPR aspirasi masyarakat sangat ABS perhatikan, seperti permasalahan perumahan, jalan, transportasi, air bersih, Kesehatan, penghijauan, pembuatan kompos, pengendalian dampak sampah, dan sebagainya telah banyak dilakukan oleh ABS, sehingga peran Anggota DPR sangat diharapkan untuk menanggulangi permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat. Aspirasi-aspirasi dari masyarakat sangat dibutuhkan karena akan menjadikan patokan dalam program-progam sosial kemasyarakatan. Salah satu contoh Aspirasi beberapa tahun yang lalu, di daerah seperti di Cibiru,  ada permasalah air bersih, dimana beberapa tempat dataran tinggi air bersih tersebut sulit di dapat.

Pembinaan usaha produktif juga perlu dilakukan agar terbangun jiwa kewirausahaan/produktif sehingga memperkuat mental kemandirian, yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantang perekonomian di sepanjang zaman. Hiduplah dengan semangat jangan takut menghadapi dunia, kreativitas dalam berdakwah seperti yang dilakukan oleh BWA perlu terus dikembangkan demikian kata ABS yang juga DPR RI  Fraksi Partai Demokrat Dapil Kota Jawa Barat I (Kota Bandung dan Kota Cimahi). (ABS-931)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.