Header Ads

Hari Koperasi di mata H. Agung Budi Santoso




H. Agung Budi Santoso, SH. MM (ABS) mengapresiasi Hari Koperasi Nasional dirayakan setiap tanggal 12 Juli, hal ini didasarkan pada peristiwa Kongres Koperasi pertama di Tasikmalaya tahun 1947. Itu artinya kata ABS , tahun hari koperasi telah memasuki usianya yang ke-71. 

ABS menyampaikan bahwa memperingati hari koperasi salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kembali peran koperasi bagi kesejahteraan masyarakat. Sebab sudah kita akui hadirnya koperasi turut berperan dalam perekonomian bangsa, menciptakan lapangan pekerjaan, membantu modal usaha dan sebagainya. Selain itu, dari tahun ke tahun juga diharapkan adanya modernisasi manajemen sehingga koperasi lebih berperan lagi menciptakan kesejateraan dan mengurangi kesenjangan di tengah masyarakat kita.

Seperti Koperasi Serba Usaha Warga Cimahi Mandiri yang merupakan binaan langsung ABS sebagai Pembina dan Pemrakarsa Koperasi Warga Cimahi Mandiri merasa bangga dan puas dengan kinerja para pengurus Koprasi Warga Cimahi Mandiri, karena Koprasi Warga Cimahi Mandiri merupukan salah satu Koprasi yang sehat di wilayah Kota Cimahi dan mampu memberikan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan anggotanya 60,38 %.
“Dari modal awal Rp 15 juta sekarang sudah mencapai Rp. 360 juta," terangnya.

Menurut ABS, Koperasi adalah soko guru dan alat perjuangan ekonomi untuk mempertinggi kesejahteraan rakyat,selain itu koprasi  merupakan salah satu urat nadi perekonomian bangsa Indonesia. Ini berarti koperasi Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat strategis yang menentukan perkembangan perekonomian rakyat Indonesia.

“Koperasi adalah wadah dari sekelompok orang - orang yang bergabung dan melakukan usaha bersama, sehingga mendapatkan manfaat yang lebih besar dengan biaya rendah. Sedangkan tujuan koperasi adalah untuk menjadikan kondisi sosial dan ekonomi anggotanya lebih baik dibanding sebelum bergabung dengan koperasi dan akan menjauhkan orang – orang terkena jerat dari riba dan rentenir, “ terangnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.